Sejarah Besar Sepeda Motor - Katina Teknologi

Sejarah Besar Sepeda Motor

Sejarah Besar Sepeda Motor - Katina Teknologi

Katina Teknologi - Bapak Sepeda Motor Ialah Gottlieb Daimler, lahir di Schorndorf 17 Maret 1834, seseorang pakar mesin berkebangsaan Jerman yang pertama-tama bereksperimen membuat sepeda motor pada tahun 1885 di negaranya Jerman. Tanpa ada demikian kita mengenal, tetapi riwayat perotomotifan mencatatnya jadi Bapak Sepeda Motor. 

Semula penciptaan karyanya ini, ia design satu sepeda kayu dengan empat roda, dimana ada dua penambahan roda dibelalakangnya, yang kalau kita lihat seperti roda pada sepeda beberapa anak, selanjutnya dipasang satu mesin dengan pembakaran prima. Dengan kecepatan 10 km /jam serta 700 - 900 putaran permenit, hasil ujinya ini dia perkenalkan dan test ride pada 10 Nopember 1885 dengan menunjuk putranya jadi pembalap. Disini titik awal riwayat sepeda motor diawali. 

Harley Davidson 

William Sylvester Harley, seseorang insinyur lulusan kampus Wiconsin serta Arthur Davidson ialah dua teman dekat yang membuat motor fantastis selama riwayat bernama Harley Davidson. Awal riwayat motor HD (baca : harley davidson) diawali pada masa 1901 yang mana kedua-duanya, harley serta davidson saat itu berumur 21 serta 20 tahun. Inspirasi untuk bikin sepeda bertenaga mesin tercetus waktu Harley kerja jadi juru gambar serta Davidson jadi perancang skema di pabrik sepeda di Milwaukee, wiconsin. 

Pada tahun 1903 bengkel pertama mereka dirikan yang selanjutnya mereka namakan 'Harley Davidson Motor Co'. Satu motor baru berselinder tunggal dengan kemampuan 3DK berkelir hitam serta dinamakan HD DeDion juga terbentuk. Sebab cepat kedaluwarsa, rangka barupun Davidson rancang. Tahun 1904 trend motor dengan bahan bakar bensin mulai dikenalkan Davidson serta hasilnya benar-benar mengagetkan, warga demikian meminatinya. Dua motor sekaligus juga mereka buat. V-Twin yang pertama dengan menggunakan mesin dua silinder dengan komposisi huruf  'V' dibuat pada tahun 1909. Pengembangan ini, tertera paling fantastis dalam riwayat perubahan HD. Dengan suara ngebass bergemuruh, benar-benar memberi kesan-kesan macho ! 

Pada tahun 1943, Harley wafat karena serangan jantung. Desember 1950, Arthur Davidson wafat dalam kecelakaan jalan raya. Enam belas tahun selanjutnya istri serta anaknya Davidson juga wafat dalam kecelakaan yang sama, dalam kecelakaan mobil. 

Vespa ( Si Lebah Besi ) 

Di akhir perang dunia ke-2, waktu perekonomian Italia pada kritis paling tersuruk, seseorang berkebangsaan Italia, Enrico Piaggio, menggantikan perusahaan ayahnya Rinaldi Paggio yang awalannya menghasilkan perlengkapan kapal, kereta api lalu berubah ke pesawat terbang, memutarhaluan untuk mendisain alat transportasi murah. Terilhami tehnologi pesawat terbang, dengan bodi alumunium layaknya seperti pesawat terbang serta diadaptasi dari roda pesawatnya , dibantu Corradino D'Ascanio Enrico, konstruksi suspensi mono shock mempermudah alat transportasi 150 cc ini waktu pergantian ban. Pada tahun 1945 vespa pertama-tama dibuat. Sedang namanya sendiri diambil dari kata 'west' yang berarti binatang penyengat ataw lebah. Sekilas, kalau disaksikan dari atas, konstruksi vespa memang mirip binatang ini. 

HONDA 

Soichiro Honda lahir 17 Nopember 1906 di Hamamatsu, Shizuoko, Jepang ialah seseorang industrialis tidak bergelar ( drop out dari kuliahnya) yang alami kegagalan untuk kegagalan pada awal karirya. Tahun 1922 waktu usianya 15 tahun dia kerja di bengkel Hart Shokai company. Dengan bekal pengalaman menolong pada usaha ayahnya jadi reparasi sepeda, Honda muda demikian cekatan serta berprestasi di bengkel barunya. Ia sbg pencetus roda2 dari logam pada mobil yang awalannya dari kayu. Serta pada tahun 1937 Honda mematenkan karyaya itu serta bahkan juga sudah di-export ke penjuru dunia. Honda mulai buka Industri berat sendiri yang dinamakan Tokai Seiki Heavy Industri. Bengkel itu membuat perangkat ring piston. Tetapi sebab tidak penuhi standar, perangkat itu juga tidak diterima faksi Toyota.

Dari kegagalan itu, Honda mulai kuliah untuk memperoleh pengetahuan dalam penyempurnaan penciptaan pirantinya. Karena kegigihannya serta perubahan pengetahuan yang dipunyainya, Toyota juga terima pirantinya. Gempa bumi serta pemboman Hiroshima mengakibatkan pabriknya hancur. Honda mulai meniti usaha kembali sampai pada akhirnya pada tahun 1947 jadi titik balik kesuksesan Honda. Honda membangun pabrik, dimana pada sepedadia pasangi motor kecil. Motor ini benar-benar disukai tetangganya. Serta dengan taktik pemasaran yang baik serta pintar, motor ciptaannya ini dapat berkompetisi dengan export dengan Harley Davidson serta Triumph. Bahkan juga di Indonesia sendiri, motor keluaran Honda mempunyai market sendiri serta teratas pada type kendaraan roda dua. Pada tahun 1991 Soichiro Honda wafat. 

YAMAHA 

Torakusu Yamaha lahir dari keluarga samurai di Nagasaki pada 20 April 1851. Bermula jadi interior instrument, ia membuat organ ciptaannya di bawah perusahaan Yamaha Fukin Manufacturing yang membuat populer dengan logonya Tiga Garpu Tala sekaligus juga menobatkannya ke pelosok dunia jadi pencipta organ pertama di jepang. Tahun 1955 ia membangun pabrik alat musik, Nippon Gakki di Hamamatsu dan membuat sepeda motor jadi pengaplikasian pengetahuan yang awalannya ia bisa saat menghasilkan baling2 pesawat terbang sebelum perang dunia dua. Motor pertama yang dia buat ialah Atakombo ataw YA1 alias Red Dragon Fly ataw capung merah. Single silinder 2 stroke, memiliki kekuatan 125 cc.

Tahun 1957 Yamaha membuat Twin Silinder YDI 175 cc serta memenangi Race Mount Asama di jepang dengan jumlahnya produksi 15.811 unit. Tahun 1959 motor sport pertama dia buat, YDSI, dengan 5 kecepatan gearbox. Tahun 1960 produksi bertambah 6 kali lipat serta populer jadi pabrikan pembuat motor 2 tidak paling baik untuk variasi YDS250 cc serta YRI 350 cc dengan aplikasi skema autolube untuk pencampuran oli dengan automatis. Tahun 1970 yamaha sudah membuat 20 type dari mulai 50 cc sampai 350 cc serta sudah memperlebar sayapnya dengan membangun pabriknya di Thailand sampai populer serta disukai ke semua luar negeri sampai saat ini. 

SUZUKI 

Michio Suzuki, ialah di balik lahirnya motor pabrikan Jepang ini. Doktor lulusan Illionis USA ini awalannya jadi pelaku bisnis pengerjaan alat tenun yang selanjutnya gulung tikar saat perang dunia II serta berubah ke motor. Power free, tahun 1952, motor dengan ontelan dengan dibantu mesin yang sangat mungkin pengendara untuk mengontel, kemampuan 35 cc, single silinder, 2 stroke dengan 2 sprocket sistem ialah motor pertama yang dia buat. Selanjutnya lahir Diamond free dengan engine 60 cc serta pada 1954 Colleda mesin 90 cc dengan single silinder serta 4 stroke dapat menghasilkan 6000 unit dalam satu bulan.

Type keluaaran Suzuki Motor Co. Ltd salah satunya ialah Colleda 125 cc 4 stroke, Colleda ST 125 cc, T500 thn 1967, GT500 tahun 1977, GS750, GT750, GS 1000 tahun 1978, GSX 1000 1980, GSX 1100 katana tahun 1982, GSX R750, GSX R1100, GSX 1300R. Mesin powerfull dengan style kekinian serta harga mudah jadikan suzuki sukses dipasaran. Serta Skema elektrik starter pada motor Colleda tahun 1954 ialah terobosan pertama yang awalnya belum dipakai oleh kompetiter2 yang lain. 

KAWASAKI 

Di balik nama besar kawasaki yang semakin cepat perubahannya di Indonesia untuk type sport serta Trail, tertera nama Shozo Kawasaki jadi siempunya inspirasi. Kawasaki ialah pabrikan yang pada awalnya beroperasi di sektor kapal, perakitan kapal, lokomotif, pesawat, motor, misil, kapal selam, super tanker serta pada PD II oleh sekutu jadikan jadi pembuat baja di bawah naungan Kawasaki Steel Corp. Tahun 1949, sebab kerjasamanya dengan BMW di bagian pesawat terbang, awal pertama kawasaki menghasilkan motor roda dua dengan mengambil tehnologi BMW jerman. Lahir motor dengan kemampuan 2 stroke 60 cc, selanjutnya 4 stroke 150 cc serta 250 cc.

Perlu untuk diketahui, Kawasaki dipandang seperti 'king of Four Stroke' oleh Honda, Yamaha serta Suzuki. Type keluaran Kawasaki salah satunya, Z97 ( 500 cc rocker-valve, 250 cc, 350 cc), single silinder serta twin silinder 650 cc serta 500 cc, W1650 tahun 1966 dengan power 47 HP pada 6500 RPM, W1SS dengan exhaust muffler tahun 1967, W3 jadi penyempurnaan W2SS yang mengambil dual disc front brake pada tahun 1973, W tahun 1974, A1 250 cc serta A7 350 cc. Untuk pemasarannya sendiri di Indonesia, kawasaki terhitung paling cepat untuk motor type sportnya serta punyai kelas tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bagian Gitar Elektrik - Katina Teknologi

Penjelasan Tentang Game Console Lengkap - Katina Teknologi

Tips Dalam Membeli Sepeda Motor - Katina Teknologi